Sabtu, 11 Maret 2017

TUMBUHAN YANG MEMILIKI UMUR PANJANG DAN TERTUA DI DUNIA

TUMBUHAN YANG MEMILIKI UMUR PANJANG DAN TERTUA DIDUNIA

AVENUE  of  the Baobabs.
AVENUE  of  the Baobabs adalah pohon yang hanya bisa ditemukan di pulau MADAGASKAR. Pohon ini diperkirakan dapat hidup hingga 200 tahun bahkan lebih.


Baobab Bufflesdrift

. pohon raksasa ini terletak dekat lephalale, di Limpopo, salah satu dari lima baobab terbesar di AFRIKA SELATAN, dan diperkirakan sudah berumur 800 tahun.

 

POHON GENERAL SHERMAN

Pohon General SHERMAN, seirra Nevada, di California. Pohon ini begitu besar dan tinggi sehingga seolah mendominasi Taman Nasional SEQUOIA di California, dan di beri nama General Sherman (seorang jenderal tentara Union  pada saat perang saudaradi AS. Pohon ini diyakini sebagai pohon terbesar , dengan umur yang diperkirakan 2.500 tahun.



Pohon Ek Easebourne.
Ratu Elizabeth I berteduh dibawah pohon ini pada saat tahun 1591 saat mengunjungi Midhurst, Inggris.pohon ini hidup  tanpa gangguan sejak tahun 1532 saat kawasan tersebut dijadikan taman Cowdray
.




Pohon Teapot  Ifaly

Pohon Teapot  Ifaly. Di Toliara,Madagascar. Pohon berbentuk anah ini mirip dengan teapot /teko teh. Dahan – dahannya yang terletak di bagian atas pohon  berbentang raksasa ini seolah-olah seperti akar , sehingga seringkali pohon ini dijuluki “upside-down tree” atau pohon terbalik. Diameter batangnyamencapai 13 meter, berumur sekitar 1.200 tahun, dan mempunyai kemampuan menampung hingga 117.00 liter air.



Pohon Darah Naga.
, Pohon Darah Naga. Di hutan Diksom.Socotra,Yaman. Ketika kulit dibatangnya dipotong ,keluarlah cairan yang berwarna merah darah,  yang dulunya berharga mahalItulah sebabnya., pohon yang mirip payung terbalik ini dinamai pohon Darah Naga.


Pohon Zaitun Zalman

 Pohon Zaitun Zalman, salah satu pohon tertua di Israel, terletak dikawasan Galilee. Batangnya penuh ‘otot’tak beraturan, dengan cabang – cabang pendek yang penuh dengan penuh buah zaitun,pohon ini di perkirakan  berumur 1.000 tahun.



Pohon chesnut croft

 Pohon chesnut croft yang hidup di kastil Croftdi Wales ,Inggris Raya.. diperkirakan berumur 500  tahun.




 Pohon Beringin.
Pohon beringin sejak dulu sudah dipercaya dapat selama ratusan tahun seperti di kawasan Angkor Wat, di Kamboja.pohon – pohon tersebut dibiarkan hidup hingga berbentuk raksasa. Pohon- pohon tersebut menjadi daya tari tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Angkorwat . pohon beringin dibawah ini diperkirakan berumur 400 tahun.



Pohon Quiver di Nambia.

Pohon Quiver di Nambia . selama 20 tahundi awal pertumbuhanya, pohon ini tumbuh setinggi tumbuhan lidah buaya.setelah 20 tahun, barulah pohon tersebut tumbuh tinggi, dan mempunyai batang serta . setiap cabang terpecah menjadi 2 cabang baru terus-menerus. Setelah tumbuh setinggi 10 meter, pohon ini akan berhenti tumbuh. Prises ini memakan waktu 300 tahun.


 
Pohon Baobab di  Morodava.
Pohon Baobab di  Morodava ,Madagascar. Diperkirakan berusia 800 tahun. Pohon ini dijuluki “sepasang kekasih”  oleh penduduk lokal dan terdapat legenda tentang sepasang kakasih yang memadu cinta yang berakhir pilu,




( Beberapa foto - foto di atas dipotret oleh Beth Moon, seorang fotografer dari San Fransisco selama 14 tahun .)


Selain diatas aja juga beberapa informasi tentang tumbuhan yang memiliki umur panjang dan tertua yaitu

Posidonia oceanica

Rumput laut raksasa di Laut Mediterania menduduki peringkat pertama karena berumur 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai yang tertua.


 

Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia

Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun. Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan bunga berwarna merah jambu. Meski punya bunga, tapi tanaman ini tidak menghasilkan buah dan biji. Sejauh ini, hanya satu koloni spesies ini yang diketahui hidup di dunia liar.

 

Gaylussacia brachycera atau box huckleberry

Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Usia koloni tanaman ini bisa mencapai umur 13.000 tahun.

 


Larrea tridentata atau creosote bush

Tanaman ini banyak dijumpai di gurun di Amerika seperti Mojave, Sonoran, dan Chihuahuan. Umur tanaman ini bisa mencapai 11.000 tahun. Tanaman ini banyak dipakai untuk keperluan obat herbal.


Populus tremuloides atau quaking aspen

Pohon ini bisa tumbuh sampai ketinggian 25 meter. Tanaman ini berasal dari daerah dingin di Amerika Utara. Dia bisa berumur sampai 10.000 tahun.


 

 



Picea mariana atau black spruce

Tanaman sejenis cemara yang berasal dari bagian utara Amerika Utara. Tanaman ini bisa mencapai usia 1.800 tahun

 

Arbol del Tule

Arbol del Tule adalah bahasa Spanyol untuk The Tree of Tule,pohon cemara yang letaknya di pusat kota Santa Maria del Tule,negara bagian Meksiko,Oaxaca. Uniknya nama kota tersebut didapatkan karena adanya pohon terbesar di Meksico ini. Diperkirakan usianya sudah mencapai 1.400 tahun , diameter pohon sebesar 11,62 meter. Pohon Arbol del Tule ini adalah salah satu pohon dengan volume terbesar di dunia yaitu 750 meter kubik dan merupakan salah satu pohon terbesar di dunia.


.

 

  Great Basin Bristlecone Pine

Basin Bristlecone Pine( Pinus longaeva )  mencatat rekor menjadi salah satu pohon tertua di dunia yang di tahun 2008 ini berumur 4840 tahun. Pohon ini tingginya antara 3-80 meter tetapi rata-rata tingginya 15-45 


Jomon Sugi

Jomon sugi adalah pohon cemara tertua di Jepang ditemukan pada tahun 1968, dengan tinggi 25,3 meter dengan volume 300 m kubik diperkirakan usianya antara 2000 – 7200 tahun terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang


Spruce Ione Norwegia

Spruce Ione Norwegia ini Tingginya hanya 4 meter, namun sebatang pohon sejenis cemara, yang masih hidup di Swedia, diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon tersebut tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.




Welwitschia Mirabilis

Tumbuhan Welwitschia Mirabilis hidup di gurun sepanjang pesisir pantai Namibia dan Angola. diduga Welwitschia Mirabilis tertua di dunia berusia lebih dari 2000 tahun, dan untuk rata rata masa hidup diperkirakan mencapai 400 – 1500 tahun.



 

yareta
Yareta adalah tanaman asli Amerika Selatan, terdapat dipadang rumput Puna Andes di Peru,Bolivia, Chile utaradan bagian barat  Argentina pada ketinggian antara 3.200dan 4.500 DPL, Yang lebih mengagumkan mereka dapat hidup dalam waktu yang sangat lama ditengah lingkungan yang ekstrim, bahkan ada beberapa spesimen yang berusia hingga sekitar 3.000 tahun. 



                                         



LICHEN TUA

LICHEN merupakan salah satu tumbuhan yang  paling berhasil  tumbuh Di kedua kawasan kutub selain LUMUT dan ALGA. .  Beberapa di antaranya berusia sekitar 10.000 tahun .  Ukurannya sangat kecil karena LICHEN tumbuh sangat lambat dalam kondisi dingin. 






2 komentar:

  1. thanks gan, infonya bermanfaat

    BalasHapus
  2. salah posnya tu... seharusnya yang tertus itu nicki minaj ibnu ghalibbell

    BalasHapus